Perbedaan Geotextile Woven dan Non Woven Merk Urban Plastic

by Dec 5, 2023Jual Geotextile0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Jual Geotextile
  4. /
  5. Perbedaan Geotextile Woven dan...

Mengetahui perbedaan geotextile woven dan non woven merk Urban Plastic itu penting sebelum Anda memutuskan untuk membeli. Tujuannya supaya tidak salah membeli produk yang berpotensi menimbulkan kerugian akibat toko ternyata tidak menerima layanan retur.

Geotextile Woven
Geotextile Woven

Persamaan kedua jenis geotextile ini yaitu dari bahan atau material pendukungnya berupa serat polyester atau polypropylene. Keduanya sama-sama merupakan produk yang mendukung berbagai jenis konstruksi. Untuk perbedaan, selengkapnya akan dibahas pada uraian berikut.

Perbedaan Geotextile Woven dan Non Woven Merk Urban Plastic Penting Dipahami

Mengetahui perbedaan antara geotextile varian non dan bukan sebenarnya bisa langsung menanyakan kepada pihak penyedia sebelum membeli. Tapi, tidak ada salahnya bila memahaminya secara mandiri. Berikut ini beberapa perbedaan keduanya:

1.     Tampilan atau Bentuk

Perbedaan geotextile woven dan non woven merk Urban Plastic pertama yaitu dari segi tampilan atau bentuk. Bentuk woven berupa lembaran yang memiliki bentuk seperti serat yang ditenun atau dianyam.

Bila diperhatikan, bentuknya seperti karung beras plastik yang mempunyai tampilan permukaan berupa pola anyaman. Hanya saja, dari segi tingkat kekuatannya lebih tinggi. Dari segi warna, varian satu ini umumnya diproduksi dengan tampilan hitam.

Dibandingkan varian non, permukaannya cenderung lebih kasar serta memiliki pori-pori lebih besar. Selain itu, sifatnya lebih kuat serta kaku. Berikutnya, untuk varian non, bentuknya tidak teranyam.

Bila diperhatikan, bentuk varian satu ini mirip karpet kain. Secara umum varian non diproduksi berwarna putih. Perbedaan bentuk keduanya dipengaruhi oleh metode pembuatan yang tidak sama.

2.     Cara Pembuatan

Perbedaan geotextile woven dan non woven merk Urban Plastic selanjutnya yaitu dari cara pembuatan. Metode pembuatan woven yaitu dengan cara dianyam menggunakan mesin khusus berteknologi canggih. Teknik yang dipakai adalah anyam menyilang.

Pada varian non juga sama memakai mesin khusus berteknologi canggih. Hanya saja, cara pembuatan menggunakan sistem yang sedikit berbeda. Ada yang memakai sistem heat bonded, chemical bonded dan needle punch.

Heat bonded memakai panas, sedangkan chemical bonded dengan bahan kimia dan needle punch menggunakan jarum. Sistem pembuatan seperti inilah yang membuatnya berbentuk seperti karpet.

3.     Harga

Perbedaan yang sangat terlihat selain bentuk atau tampilan yaitu dari segi harga. Pada dasarnya, terkait harga menyesuaikan dengan ukuran dan jenis setiap variannya.

Sebagai salah satu contoh, varian woven 150 gsm PP ukuran 800 meter persegi untuk setiap roll, harga per meternya Rp 8.000. Sedangkan varian non 150 gsm ukuran 400 meter persegi untuk setiap roll, harga per meternya Rp 5.500.

Dari segi harga, perbedaan geotextile woven dan non woven merk Urban Plastic cukup signifikan. Di mana varian non memiliki harga lebih terjangkau. Selain harga, ukuran setiap rollnya juga berbeda.

4.     Kekuatan Tarik

Perbedaan terakhir yaitu dari kekuatan tarik atau istilah lainnya tensile. Geotextile woven mempunyai tensile lebih baik bila dibandingkan non. ASTM International bahkan menyebutkan kekuatan tariknya mencapai dua kali lipat lebih baik untuk setiap gramasi.

Hal inilah yang menyebabkan banyak proyek, terutama skala besar, lebih memilih varian satu ini bila dipakai untuk stabilisator. Di mana fungsinya nanti adalah untuk menstabilkan tanah dasar.

Varian non memang dari segi kekuatan tariknya tidak lebih baik. Tapi, memiliki keunggulan dari segi pori-porinya yang lebih kecil, sehingga cocok dipakai sebagai penyaring atau filter pada drainase bawah tanah dan taman.

Bila Anda tertarik membeli kedua jenis produk merk Urban Plastic ini, pastikan sudah paham fungsinya masing-masing. Pahami perbedaan geotextile woven dan non woven merk Urban Plastic keduanya supaya ketika membeli terhindar dari kesalahan.

Perusahaan PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik, Geogrid dan Geomat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Geotextile Woven merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone : +62 811 9151 338 (Anna) atau: Email: info@urbanplastic.id .