Fungsi Geotextile Non Woven Untuk Perkuatan Tanggul merk Urban Plastic

by Nov 21, 2021Jual Geotextile0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Jual Geotextile
  4. /
  5. Fungsi Geotextile Non Woven...

Musim hujan dapat menjadi saat-saat yang menegangkan terutama karena seringkali di musim hujan, air-air sungai seringkali meluap dan menyebabkan banjir bandang sehingga sangat merugikan penduduk setempat.  Kerugian yang ditimbulkan oleh banjir bandang tentunya tidaklah sedikit.

Karena itulah, hendaknya pemerintah daerah setempat melakukan segala antisipasi yang memungkinkan untuk mencegah banjir bandang dengan memperkuat tanggul-tanggul sungai.

Untuk itulah, Geotextile Non Woven sangat berperan besar dalam mengantisipasi terjadinya banjir bandang, terutama dengan memperkuat tanggul-tanggul sungai.  Bagaimana caranya?

Fungsi Geotextile Non Woven merk Urban Plastic Untuk Perkuatan Tanggul

Ada 2 (dua) cara yang dapat dilakukan untuk memperkuat tanggul jika menggunakan Geotextile Non Woven.  Yang pertama adalah menggunakan geobag.  Dan yang kedua adalah menggunakan Bronjong yang dilapisi Geotextile Non Woven.

Mari kita membahas tentang Geobag terlebih dulu.  Geobag adalah Geotextile Non Woven yang dijahit membentuk karung dan yang nantinya akan diisi dengan material pasir ataupun tanah.  Biasanya Geobag ini dapat diisi on-site sebelum dipasang.  Jadi jika Geobag diaplikasikan untuk perkuatan tanggul-tanggul sungai, maka tanggul tersebut akan menjadi sangat kokoh dan malah dapat mendorong pertumbuhan vegetasi.

Geobag adalah solusi yang biasanya dipakai sementara untuk perkuatan tanggul untuk mencegah melubernya sungai lebih parah lagi.  Dan juga Geobag adalah solusi yang paling murah untuk perkuatan tanggul.

Geobag dapat digunakan untuk memperkuat tanggul-tanggul sungai karena material Geobag yang digunakan, yaitu: Geotextile Non Woven bersifat sebagai separator, yang dapat memisahkan partikel-partikel padat seperti tanah kasar dan partikel-partikel cair seperti air sungai tersebut.  Dengan menggunakan Geobag merk Urban Plastic yang terbuat dari Geotextile Non Woven untuk perkuatan tanggul, maka dapat dipastikan partikel-partikel padat tidak akan terlewati oleh aliran air, sehingga tanggul sungai yang terbentuk, walaupun bersifat sementara, tetap akan sangat kuat untuk mencegah terjadinya banjir bandang.

Aplikasi Geobag sangatlah sederhana.  Kita hanya perlu mengisi Geobag tersebut dengan material padat seperti pasir ataupun tanah.  Lalu Geobag-Geobag tersebut ditimbun sedemikian rupa untuk membentuk tanggul-tanggul sungai.

Fungsi Geotextile Non Woven pada Bronjong Untuk Perkuatan Tanggul merk Urban Plastic

Yang kedua adalah menggunakan Bronjong yang terlebih dulu dilapisi Geotextile Non Woven untuk memperkuat tanggul.  Solusi ini umumnya bersifat permanen, dan bukanlah sementara.

Bronjong adalah anyaman yang terbuat dari kawat baja yang berbentuk seperti kotak maupun balok yang di bagian dalamnya diisi oleh batu-batu berukuran besar.  Bronjong ini memang banyak ditemukan di tepi tanggul sehingga berfungsi untuk melindungi dan memperkuat struktur tanah di sekitar tebing.  Dikarenakan bronjong ini sangat kuat, maka jika digunakan sebagai tanggul sungai, maka bantaran sungai tidak akan mudah hancur.  Jadi memang Geotextile Non Woven pada bronjong biasanya banyak digunakan untuk perkuatan tanggul untuk mencegah banjir.

Untuk proses aplikasinya, pertama kali tentunya harus menggali bantaran atau tepi sungai, lalu bantaran sungai yang telah digali tersebut harus dilapisi Geotextile Non Woven terlebih dahulu.  Aplikator dapat menggunakan Geotextile Non Woven bergramasi 150 sampai 300 gsm, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan.  Lalu setelah itu barulah diletakkan bronjong di atas lapisan Geotextile Non Woven yang telah dihamparkan tersebut.

Jika aplikator menggunakan bronjong yang telah dilapisi Geotextile Non Woven, maka Geotextile Non Woven tersebut dapat mem-filtrasi butiran-butiran tanah kasar agar tidak lolos menuju sungai.

Sehingga pada akhirnya, bantaran sungai memiliki tanggul-tanggul yang sangat kuat, karena struktur tanahnya sudah sangat kuat dan tidak akan mudah hancur.  Untuk jangka panjang tentunya dapat mencegah air sungai untuk meluap keluar dan menyebabkan banjir.

Sebaiknya pemerintah daerah mulai memperhatikan daerah-daerah mana saja yang nantinya akan dapat terdampak banjir bandang dan secepatnya melakukan pencegahan dengan Geobag ataupun Geotextile Non Woven pada Bronjong.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Geobag maupun Geotextile Non Woven pada Bronjong untuk mengendalikan banjir, maka hubungi kami sekarang juga melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62 822 9933 3938 (Ratna) atau https://wa.me/6282299333938, atau: Email: info@urbanplastic.id