Plastik Bahan Singkong Merk Urban Plastic Ramah Lingkungan

by Dec 15, 2023Jual Plastik Singkong0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Jual Plastik Singkong
  4. /
  5. Plastik Bahan Singkong Merk...

Plastik bahan singkong merk urban plastic merupakan pilihan alternatif bagi Anda yang ingin menjaga lingkungan dengan menggunakan produk ramah lingkungan. Sebab bahan pembuat dari produk yang diproduksi oleh Urban Plastic ini berbahan dasar singkong.

Singkong merupakan salah satu tumbuhan yang mudah tumbuh subur di berbagai tempat, terutama di wilayah tropis seperti Indonesia. Selain dimanfaatkan sebagai makanan, ternyata juga dapat diubah menjadi kantong pembungkus berbagai macam barang. Dengan demikian, pembuatan pembungkus barang tidak lagi harus menggunakan berbahan kimia yang sulit didaur ulang.

plastik singkong
plastik singkong

Alasan Memakai Produk Plastik Bahan Singkong Merk Urban Plastic

Produk plastik sebagai pembungkus sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Pembungkus ini digunakan untuk membungkus berbagai macam barang, mulai dari pakaian hingga makanan.

Bahan pembuatnya terbuat dari biji plastik yang diolah dengan bahan kimia sehingga tidak ramah lingkungan. Urban Plastic menemukan cara membuat pembungkus lebih ramah lingkungan dari bahan umbi kayu. Mengapa harus pakai produk ini, berikut alasannya:

1.     Sudah Melewati Uji Biodegradasi

Plastik bahan singkong merk Urban Plastic sebelum dipasarkan telah melewati tahap pengujian, yaitu uji biodegradasi ASTM G21. Pengujian ini dilakukan langsung di laboratorium Kemenperin.

Produk pembungkus dengan bahan pati singkong ini terbukti mampu menunjukkan kemampuan terdegradasi oleh mikroba. Sehingga hasil pengujiannya memenuhi standar kualitas.

Selain itu, juga berhasil melewati uji in vivo di Fakultas Kedokteran Hewan IPB. Jadi, dampak lingkungannya sangat minim, bahkan tidak berdampak buruk, dan tidak berbahaya apabila termakan mahkluk hidup.

2.     Solusi Plastik Berkelanjutan

Kebutuhan manusia yang meningkat membuat kebutuhan akan kantong plastik juga naik drastis. Konsumsi tinggi ini tentu akan menyebabkan tertumpuknya banyak sampah yang membutuhkan waktu sangat lama untuk terurai.

Untuk mengurangi dampak lingkungan ini, dikembangkanlah pembungkus alternatif, salah satunya dari pati singkong atau umbi kayu. Dengan pembuatan produk pembungkus dari pati umbi kayu ini diharapkan dapat menjadi solusi berkelanjutan untuk menyelamatkan bumi dari dampak pencemaran lingkungan.

3.     Lebih Cepat Terurai

Plastik bahan singkong merk Urban Plastic memiliki waktu terurai yang jauh lebih cepat jika dibandingkan bahan plastik. Penguraiannya hanya membutuhkan waktu singkat, yakni sekitar 6-24 bulan saja.

Lama waktu yang dibutuhkan tergantung dari kondisi lingkungan. Misalnya di tempat hangat dan lembab, waktu penguraiannya lebih cepat. Namun, di tempat kering prosesnya bisa memakan waktu lebih lama.

4.     Dapat Dimanfaatkan untuk Berbagai Fungsi

Pembungkus yang terbuat dari pati umbi kayu ini memiliki ketahanan cukup baik terhadap panas dan air. Hal ini membuat penggunaannya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Bisa untuk pembungkus berbagai macam barang.

Hanya saja, ketahanannya memang tidak sebaik plastik konvensional. Sebagai contoh daya tahannya dari penguraian, setelah dipakai pembungkus dari pati singkong ini akan mengalami proses degradasi dan hancur dengan sendirinya.

Jadi, untuk penggunaan masih perlu diperhatikan dengan baik. Misalnya, tidak digunakan untuk membungkus barang terlalu berat, dan perhatikan tempat penyimpanannya.

5.     Bahan Baku Mudah Didapatkan

Plastik bahan singkong merk Urban Plastic menggunakan bahan dari pati singkong. Bahan baku ini sangat mudah didapatkan di Indonesia, karena singkong tumbuh subur di berbagai wilayah Nusantara dengan masa tumbuh cepat.

Singkong merupakan sumber daya alam berbentuk tanaman yang dapat dibudidayakan dan diperbaharui dari waktu ke waktu. Jadi, tidak perlu khawatir akan kehabisan bahan baku, sebab singkong akan selalu tersedia jika dibudidayakan.

Kebutuhan plastik dalam kehidupan sehari-hari tentu tidak terelakkan. Sebab digunakan sebagai pembungkus berbagai macam barang. Penggunaan plastik konvensional memang memberikan dampak buruk pada lingkungan jika sudah menjadi sampah.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya membantu menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik dan menggunakan pembungkus berbahan alami. Sebagai contoh plastik bahan singkong merk Urban Plastic yang terbuat dari pati singkong dan telah teruji mampu mengurangi dampak negatif plastic terhadap lingkungan.

Perusahaan PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik, Geogrid dan Geomat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plastik Singkong merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone : +62 822 9933 3938 (Panni) atau: Email: info@urbanplastic.id .