1. Home
  2. >>
  3. Produk
  4. >>
  5. Plastik Singkong

Plastik Singkong

Dikarenakan semakin banyaknya masyarakat yang menyadari bahaya plastik untuk jangka waktu panjang, maka kami, PT. Kapuk Mas Agung Abadi menghadirkan alternatif plastik berbahan organik yang ramah lingkungan.

Plastik berbahan organik ini merupakan bioplastik atau plastik biodegradable yang diolah dari bahan baku singkong, karena itulah untuk selanjutnya kami menggunakan istilah: Plastik Singkong.  Plastik Singkong merk Urban Plastic ini tidak mengandung unsur plastik sama sekali.

Memang kalau dilihat secara sepintas, Plastik Singkong merk Urban Plastic akan terlihat serupa seperti plastik pada umumnya, tapi jika Plastik Singkong ini diraba di tangan, maka akan terasa lembut, dan juga memiliki kekuatan elastisitas dan fleksibilitas yang sama dengan plastik biasa.  Plastik Singkong merk Urban Plastic ini tentunya saja memiliki kelebihan, yaitu tidak menimbulkan polusi dan beban bagi lingkungan di akhir masa pemakaiannya.

Plastik Singkong merk Urban Plastic memiliki siklus daur hidup yang dapat diperbaharui secara alami dan terus-menerus.  Jika Plastik Singkong ini menyatu kembali dengan tanah sebagai kompos, maka akan hancur dalam waktu 2 – 6 bulan dengan bantuan micro-organisme dan makro-organisme dalam kondisi alami.

Plastik Singkong merk Urban Plastic umumnya berukuran custom.  Sehingga Anda perlu berkonsultasi dengan kami mengenai ukuran plastik yang diinginkan dan printing seperti apa yang Anda butuhkan untuk kebutuhan industri Anda.

Q&A Plastik Singkong Urban Plastic : Pertanyaan Yang Sering Diajukan Oleh Klien Kami

Apa itu Plastik Singkong?

Kantong plastik Singkong adalah Kantong yang berbahan baku utama Resin Ecoplas. Resin Ecoplas Terbuat dari pati singkong yang dicangkok dan terintegrasi dengan polimer penguat polyethylene menjadi bioplastik berstruktur molekul baru yang mudah terurai dimakan mikroba dan bukan lagi plastik.

Apa itu Resin Ecoplas?

Ecoplas merupakan resin bioplastik ramah lingkungan yang berbahan dasar pati singkong dan terintegrasi dengan polimer penguat menjadi bioplastik berstruktur molekul baru yang bisa terurai dalam kurun waktu 6 bulan sampai 1 tahun dimakan oleh mikroba tergantung pada jumlah mikroba.

Bagaimana proses terurainya plastik singkong?

Proses penguraian Plastik Singkong cukup sederhana, yaitu:

  1. Kantong dibuang ke tempat pembuangan
  2. Kantong mulai terurai dalam waktu enam hingga duabelas bulan2
  3. Aktivitas mikroba dalam tanah yang mampu memecah material bioplastik menjadi H20, CO2, dan biomassa.

Apa keunggulan plastik berbahan dasar umbi singkong?

Keunggulan dari Plastik Singkong adalah:

  1. Mampu memenuhi kebutuhan Anda terutama penggunaan tas ramah lingkungan sesuai Peraturan Gubernur Bali No. 2018 97.
  2. Berfungsi sebagai media yang kuat, tahan terhadap air panas dan lebih higienis dibandingkan produk ramah lingkungan lainnya.
  3. Terjangkau untuk pedagang tradisional, pengecer modern, restoran, hotel, dan toko suvenir.

Bagaimana proses pembuatan Plastik Singkong?

Berapa lama bioplastik dapat terurai?

Bioplastik dapat terurai dalam kurun waktu 6 bulan sampai 1 tahun oleh mikroba. Lamanya proses penguraian tergantung pada jumlah mikroba di sekitar plastik tersebut.

Apakah bioplastik lebih ramah lingkungan daripada plastik?

Bioplastik lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan plastik konvensional yang membutuhkan waktu sampai ratusan tahun untuk dapat terurai. Plastik Bioplastik hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 tahun untuk dapat terurai oleh mikroba di alam menjadi H20, CO2, dan biomassa

Teknologi apa yang digunakan untuk pembuatan Plastik Singkong?

Resin Ecoplas dikembangkan dengan menggunakan teknologi yang sederhana, aman, ringan, dan relatif murah. EcoPlas dapat digunakan sebagai pengganti tempat pembuangan sampah (landfill cover), yang memungkinkan tempat pembuangan sampah yang lebih efisien di area yang lebih kecil.

Teknologi yang digunakan merupakan Teknologi anak Bangsa Indonesia yang ditemukan oleh Bpk. Prof. Sugianto Tandio. Teknologi ini sudah mendapatkan Sertifikat Hak Paten Indonesia, Hak Paten USA, Hak Paten Singapura, SNI Ekolabel (SNI 7188.7:2011), dan sudah termasuk kategori biobased product di jerman serta aman bersentuhan dengan makanan atau minuman.

Apakah Plastik Singkong aman jika bersentuhan dengan makanan atau termakan oleh hewan?

Plastik Singkong sudah teruji SNI Ekolabel (SNI 7188.7:2011), dan sudah termasuk kategori biobased product di jerman serta aman bersentuhan dengan makanan atau minuman. Juga teruji aman jika termakan hewan/mahluk hidup melalui tes in VIVO Laboratorium berbagai hewan di Fak Kedoteran Hewan IPB.