Selain Prefabricated Vertical Drain (PVD), ada juga Prefabricated Horizontal Drain (PHD). Jika PVD dipasang secara vertikal, maka PHD dipasang secara horizontal. Meski begitu, keduanya sama-sama memiliki inti atau core serta selimut atau jaket. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bagian inti dan jaket PHD juga sama dengan inti serta jaket Prefabricated Vertical Drain, yaitu polypropylene pada bagian inti dan geotextile non wowen pada bagian jaket atau selimut yang berfungsi sebagai filter. Lapisan luar atau filter ini penting untuk mencegah agar partikel tanah tidak masuk ke dalam inti PHD yang bersifat porous. Dengan begitu, aliran air tidak akan terhambat.

PHD tidak digunakan sendirian, tetapi biasanya digunakan bersama dengan Prefabricated Vertical Drain alias PVD. Caranya adalah dengan menghubungkan PHD dengan bagian PVD di mana bagian PVD berada di dalam tanah lunak sementara PHD terekspos di atas tanah. Fungsinya adalah sebagai pengganti lapisan aggregat alami seperti pasir dan kerikil untuk mengeluarkan air dari dalam tanah.

Mekanisme kerjanya adalah air yang berasal dari pori-pori tanah lunak akan masuk ke PVD dan mengalir secara vertikal atau ke atas. Setelahnya, air ini akan dialirkan ke PHD yang ada di atas permukaan tanah secara horisontal.

Salah satu karakteritik PHD adalah memiliki permeabilitas yang tinggi, sama halnya seperti PVD. Oleh karena itulah sekalipun PHD terbuat dari material sintetis, material ini mampu menggantikan fungsi aggregat alami dengan efektif.

Dibandingkan dengan fiber-mat, Prefabricated Horizontal Drain (PHD) memiliki beberapa keunggulan, yaitu sebagai berikut:

1. Lebih efektif

Keunggulan PHD yang pertama adalah material ini kinerjanya lebih efektif dibanding fiber-mat. Pasalnya, meski karakteristik PHD dan fiber-mat pada dasarnya sama karena memiliki permeabilitas tinggi dan mampu mengeluarkan air tanah dari PVD secara horizontal, kualitas fiber-mat cenderung tidak stabil.

Ini karena fiber-mat diproduksi secara manual dan produknya diimpor, tidak seperti PHD yang dibuat dalam jumlah besar di pabrik dengan standar tertentu. Oleh karena itulah kualitas PHD lebih terjaga sehingga kinerjanya pun lebih efektif dibanding fiber-mat. Karena dibuat di pabrik, tidak ada masalah dengan ketersediaan PHD di pasaran sehingga material ini mudah ditemukan. 

Dengan struktur inti dan jaket yang terbuat dari bahan yang berbeda, PHD memiliki struktur yang kuat dengan performa yang lebih stabil dibanding fiber-mat. Desain salurannya juga terbuka sehingga aliran air tidak akan terhambat. Sebaliknya, fiber-mat memilikisuatu kekurangan pada bagian salurannya, yaitu adanya kemungkinan pengurangan saluran drainase sehingga kinerjanya dalam mengalirkan air dari PVD pun menjadi kurang maksimal.

2. Mudah dipasang

Prefabricated Horizontal Drain memang dibuat dengan bahan-bahan sintetis yang berupa plastik (polypropylene atau polyethylene). Namun, sama seperti Prefabricated Vertica Drain (PVD), material ini mudah dipasang dengan efisiensi biaya yang tinggi.

3. Lebih murah

Karena terbuat dari material plastik seperti polypropylene dan polyethylene, PHD lebih ekonomis dibanding fiber-mat yang terbuat dari bahan alami. Penggunaan PHD juga dapat mengurangi biaya konstruksi hingga 30 persen. Artinya, penggunan PHD dalam proyek konstruksi sangatlah ekonomis.

4. Ramah lingkungan

Prefabricated Horizontal Drain terbuat dari material sintetis yang berasal dari keluarga plastik. Artinya, dengan menggunakan PHD, penggunaan material alami dalam sistem drainase tanah lunak ini dapat dikurangi. Dengan begitu, lingkungan pun lebih terjaga karena manusia tidak perlu mengimpor dari luar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Prefabricated Horizontal Drain merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui : Whatsapp/Mobile Phone : +62811 1721 338 (Cila) atau  https://wa.me/628111721338, atau: Email : info@urbanplastic.id

Open chat
1
Hallo, Selamat datang di Urban Plastic.