Dalam bidang konstruksi, tanah yang digunakan sebagai dasar atau landasan bangunan harus memenuhi beberapa syarat tertentu. Ini karena tanah yang akan dijadikan landasan bangunan akan menerima tekanan atau beban berat dari bangunan di atasnya. Oleh karena itulah tanah harus kokoh dan memenuhi syarat lainnya agar keamanan bangunan lebih terjamin.

Sayangnya, ada banyak jenis tanah di dunia dan tidak semuanya memiliki sifat alami yang cocok dan memenuhi syarat untuk dijadikan dasar bangunan. Contohnya adalah tanah yang lunak atau berlempung.

Tanah jenis ini memiliki ciri khas, termasuk permeabilitasnya yang rendah. Permeabilitas adalah kemampuan tanah dalam mengalirkan air. Sifat ini berkaitan erat dengan pori-pori tanah. Tidak seperti tanah berpasir yang permeabilitasnya tinggi karena memiliki pori-pori besar, tanah berlempung permeabilitasnya rendah. Ini karena pori-porinya kecil sehingga air tidak mudah masuk maupun keluar.

Apabila masalah ini tidak ditangani sebelum melakukan pembangunan atau kegiatan konstruksi, maka penurunan tanah saat pekerjaan konstruksi berlangsung pun besar. Oleh karena itulah memampatkan tanah lunak menggunakan Prefabricated Vertical Drain (PVD) sebelum melakukan pembangunan di atasnya perlu dilakukan terlebih dahulu. Selain dapat memperkecil besar penurunan tanah, memampatkan tanah sebelum melakukan pembangunan juga dapat meningkatkan daya dukung tanah.

PVD dapat diperoleh di tempat jual PVD, lebih tepatnya toko yang menyediakan beragam bahan dan peralatan bangunan.

Pengertian dan Manfaat PVD

Prefabricated Vertical Drain atau yang biasa disingkat PVD merupakan suatu material yang digunakan dalam perbaikan tanah. Material ini kerap digunakan di bidang konstruksi tepatnya untuk meningkatkan daya dukung tanah pada tanah lunak atau berlempung.

Dengan meningkatkan daya dukung tanah yang akan dijadikan landasan bangunan, ketika pekerjaan konstruksi berlangsung, tanah akan menjadi lebih solid dan tidak akan mengalami penurunan yang terlalu besar. Dengan tanah dasar yang solid, bangunan yang didirikan di atasnya pun dapat menjadi lebih stabil dan aman. 

Prefabricated Vertical Drain termasuk material komposit alias campuran. Ini karena PVD memiliki inti atau core dan selimut yang terbuat dari bahan yang berbeda. Inti atau core PVD umumnya terbuat dari polypropylene atau polyethylene, sedangkan selimut atau jaketnya terbuat dari material geotekstil non woven. Selimut atau jaket pada PVD yang dapat ditemukan di tempat jual PVD ini berfungsi sebagai penyaring agar partikel tanah tidak ikut masuk ke inti. Pasalnya, inti PVD memiliki permeabilitas yang tinggi dan bersifat porous.

Aplikasi PVD

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Prevabricated Vertical Drain  atau PVD yang dapat dibeli di tempat jual PVD ini digunakan di bidang kontruksi, terutama untuk perbaikan tanah agar kondisinya menjadi sesuai dengan yang diinginkan.

PVD memiliki keunggulan dibanding teknologi vertical drain yang lama atau konvensional, yaitu sand drain.Pasalnya, sand drain menggunakan pasir sebagai media bagi air agar mengalir ke permukaan lebih cepat. Meski efektif karena pasir memiliki permeabilitas yang tinggi, sand drain memerlukan lubang di tanah yang kemudian harus diisi dengan pasir.

Membuat lubang yang dalam di tanah jelas membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan biaya. Dari sisi inilah PVD menawarkan kelebihan dan kemudahan dibanding sand drain. Tidak seperti sand drain yang harus dibuat di lokasi, PVD dapat dibeli secara langsung di tempat jual PVD.Dalam pemasangan atau instalasinya, PVD juga dapat dipasang dengan mudah menggunakan PVD rig.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PVD merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui : Whatsapp/Mobile Phone : +62811 1721 338 (Cila) atau  https://wa.me/628111721338, atau: Email : info@urbanplastic.id

Open chat
1
Hallo, Selamat datang di Urban Plastic.