Mengenal Prefabricated Vertical Drain

Tidak semua tanah memiliki karakteristik yang sesuai dan memenuhi syarat untuk dijadikan landasan konstruksi. Ada juga yang tidak memenuhi syarat karena daya dukung tanah yang kurang memenuhi syarat.

Daya dukung tanah menunjukkan kemampuan tanah dalam menahan beban dan tekanan yang diberikan bangunan kepada tanah dengan aman. Oleh karena itulah tanah untuk landasan konstruksi perlu memenuhi syarat sehingga tidak timbul keruntuhan geser maupun penurunan tanah berlebih.

Tanah lunak atau berlempung kurang memenuhi syarat untuk dijadikan landasan konstruksi karena permeabilitasnya yang rendah menyebabkan air sulit untuk naik ke permukaan. Namun, hal ini dapat diatasi dengan cara memampatkan tanah menggunakan Prefabricated Vertical Drain.

Ciri dan Bagian-bagian

Prefabricated Vertical Drain (PVD) alias sumbu penguras merupakan suatu material berupa lembaran plastik yang terbuat dari perpaduan antara material polypropylene berkekuatan mekanik tinggi dan bahan geotekstil. Polypropylene digunakan sebagai inti atau core, sedangkan bahan geotekstil digunakan sebagai lapisan pembungkus.

Selain berbentuk lembaran plastik yang panjang, PVD juga dibuat berkantung. Fungsi material ini adalah untuk drainase vertikal, lebih tepatnya untuk memudahkan air untuk masuk dari pori-pori tanah ke saluran terdekat.

Sumbu penguras atau PVD umumnya diaplikasikan pada tanah yang memiliki karakteristik lunak. Pasalnya, tanah lunak memiliki pori-pori yang kecil sehingga air pun akan kesulitan untuk naik ke permukaan. Akibatnya, tanah lunak tidak akan ideal untuk digunakan sebagai landasan konstruksi karena air pori-pori butuh waktu lama untuk keluar ke permukaan.

Namun, masalah ini dapat diatasi dengan memampatkan tanah menggunakan PVD.sehingga air yang terperangkap di dalam tanah menjadi lebih cepat keluar ke permukaan. Akibatnya, tanah akan memadat lebih cepat sehingga cukup kokoh untuk dijadikan sebagai landasan kontruksi.

Keunggulan PVD

Prefabricated Vertical Drain alias PVD merupakan teknologi yang tepat untuk perbaikan tanah pada situs konstruksi. Pasalnya, material ini menawaarkan beberapa keunggulan sebagai berikut:

  1. Instalasi lebih cepat dan mudah

Pada dasarnya, prinsip kerja PVD sama dengan sand drain, yaitu untuk membantu mengalirkan air dari dalam pori-pori tanah ke permukaan. Namun, dari segi instalasi atau pemasangan, PVD lebih unggul dari sand drain. Pasalnya, sand drain membutuhkan banyak waktu dalam proses pemasangan karena harus melubangi tanah terlebih dahulu sebelum mengisi lubang dengan pasir. Ini berbeda dengan PVD yang hanya perlu dipasang atau dihujamkan ke tanah menggunakan PVD rig.

  1. Kinerja lebih baik

Selain lebih mudah dari segi pemasangan atau instalasi, kinerja PVD juga lebih baik dibanding sand drain. Pasalnya, PVD tetap dapat bekerja dengan baik dalam mengalirkan air ke permukaan sekalipun terjadi pergerakan tanah. Hal lni dapat terjadi karena PVD dibuat menggunakan material-material yang cenderung luwes serta tahan terhadap gaya tarik. Oleh karena itulah sekalipun lintasan untuk mengalirkan air tidak seluruhnya lurus, air tetap dapat mengalir ke permukaan tanah melalui PVD. Hal ini jelas lebih baik dibanding sand drain yang memiliki risiko diskontinuitas yang tinggi.

  1. Biaya lebih murah

Dari segi biaya, perbaikan tanah lunak menggunakan Prefabricated Vertical Drain(PVD) juga lebih murah. Pasalnya, teknologi vertical drain yang berupa PVD ini dapat dipasang lebih cepat dibanding sand drain yang butuh waktu berjam-jam hanya untuk melubangi tanah. Tenaga yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan PVD juga lebih sedikit sehingga lebih hemat biaya, tenaga, dan waktu.

 

Open chat
1
Hallo, Selamat datang di Urban Plastic.