Plastik ramah lingkungan adalah – merk Urban Plastic – Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan manusia juga ikut meningkat.  begitu pula dengan kebutuhan akan barang berbahan plastik. Padahal zat yang satu ini memiliki dampak buruk bagi lingkungan.

Masalah sampah plastik memang sudah menjadi permasalahan yang cukup serius di berbagai negara, tidak terkecuali Indonesia. Pasalnya, plastik membutuhkan waktu ribuan tahun agar bisa terurai oleh alam. Karena itulah, para ahli berinovasi dengan menciptakan plastik ramah lingkungan.

Bahan produksi yang digunakan juga berbeda dengan plastik biasa yang menggunakan zat kimiawi sintetik. Plastik ramah lingkungan ini diproduksi dari bahan yang mudah sekali terurai oleh alam. Contohnya, Singkong, Jagung, Kentang dan lain-lain.

Pengertian Plastik Ramah Lingkungan

Plastik ramah lingkungan adalah jenis produk plastik, yang dibuat menggunakan bahan kimia alami dengan tujuan agar mudah terurai oleh mikroorganisme dalam tanah. Dengan adanya kemasan ramah lingkungan, bisa mengurangi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh plastik sintetik. Bahan yang digunakan untuk memproduksi pun macam-macam.

Bisa dari singkong, rumput laut, kentang, dan juga kulit ikan. Dengan bantuan teknologi, saat ini banyak perusaahaan yang mulai memproduksi produk plastik ramah lingkungan. Meskipun harga produksinya lebih tinggi dibanding plastik biasa, namun hal ini dapat memberi manfaat baik bagi lingkungan. Apalagi bahan yang digunakan mudah terurai dan bisa larut dalam air.

Misalnya saja plastik ramah lingkungan merk Urban Plastik, yang menggunakan singkong sebagai bahan baku utama produksi mereka. Meskipun berbahan utama singkong, Urban Plastik memanfaatkan teknologi yang membuat plastik ramah lingkungan ini mampu menahan beban berat seperti, botol plastik atau produk makanan.

Selain itu, kemasan merk Urban Plastik juga tidak menimbulkan pencemaran tanah, air, maupun udara yang biasanya ditimbulkan oleh plastik sintetik. Kemasan dengan bahan utama singkong ini dibuat agar mudah hancur dan terurai oleh mikroorganisme dalam tanah. Plastik ini dibuat dengan bahan yang lentur dan tidak mudah robek.

Jual Plastik Singkong
Jual Plastik Singkong

Manfaat Plastik Ramah Lingkungan Adalah

Plastik ramah lingkungan dibuat dengan harapan dapat mengurangi penggunaan kantong plastik sintetis yang memiliki efek buruk bagi lingkungan. Secara umum, plastik ramah lingkungan memiliki 3 jenis yaitu Bioplastik ( kemasan ramah lingkungan yang dibuat dari bahan kimia alami), Biodegradable ( plastik yang terbuat dari bahan petrokimia biasa), dan jenis daur ulang (kemasan yang diproduksi ulang dari bahan ramah lingkungan).

  1. Proses pengurainya tidak menyebabkan peningkatan karbon dioksida.
  2. Berpotensi mengurangi efek rumah kaca mencapai 25%
  3. Dapat terurai dalam jangka waktu yang cepat yaitu hitungan minggu saja
  4. Lingkungan bebas dari zat racun dan alergi yang ditimbulkan oleh plastik bahan sintetik
  5. Dapat menjadi pupuk karena bahan kimia alaminya yang mudah membusuk bersama komponen tanah, apalagi jenis plastik yang terbuat dari jagung, tepung ataupun singkong
  6. Plastik ramah lingkungan jenis biodegradable memiliki bahan yang rendah toksin sehingga mudah terurai
  7. Tidak mudah meleleh
  8. Selain ramah lingkungan, manfaat kemasan ini juga mampu menahan bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh makan atau bahan lainnya.
  9. Mengurangi sampah plastik, karena bahannya yang relatif cepat terurai
  10. Dapat digunakan sebagai wadah produk makanan tanpa takut terkena bahan kimiawi yang tidak sehat.

Penjelasan diatas tentang Plastik Ramah Lingkungan tentunya bisa membuat pengetahuan Anda semakin bertambah. Jadi, Anda tak perlu merasa ragu untuk memakai plastik ramah lingkungan. Plastik Ramah Lingkungan bisa dipakai untuk proyek apa saja.

Dengan kemudahan teknologi yang semakin canggih saat ini, Anda dapat membelinya. Salah satu website yang menjual Plastik Ramah Lingkungan Adalah – merk Urban Plastic.

PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plastik Ramah Lingkungan merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna), atau: Email: info@urbanplastic.id .