Cara Membuat Plastik dari Singkong Merk Urban Plastic

by Oct 22, 2021Jual Plastik Singkong0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Jual Plastik Singkong
  4. /
  5. Cara Membuat Plastik dari...

Sampah plastik merupakan masalah bersama bagi penduduk di dunia saat ini, termasuk di Indonesia. berdasarkan data yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan 24% dari sampah tersebut belum dikelola. Hal ini mendorong banyak produsen berloma memberikan alternatif salah satunya plastik dari singkong Merk Urban Plastic. Lalu bagaimana cara membuat plastik dari singkong tersebut. mari simak ulasan berikut. Berawal dari LIPI atau lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, melalui Loka Penelitan Tekknologi Bersih menawarkan sebuah inovasi teknologi untuk mengatasi masalah limbah plastik tersebut. awalnya ecoplas sendiri dikembangkan menggunakan bahan terbuat dari tepung singkong atau tapioka. Seperti apa proses kimiawi pengembangan plastik dari singkong Merk Urban Plastic tersebut?

Menurut Hanif Dawam Abdullah seorang peneliti dari LIPI mengatakan pihaknya telah mengembagkan bioplastik sebagai alternatif untuk menggantikan plastik biasa yang sulit terurai. Plastik ini menjadi solusi dari limbah plastik saat ini karena bioplastik atau plastik dari singkong Merk Urban Plastic ini mudah diurai oleh mikroba alami dengan cepat. Plastik dari singkong sebagai pengganti plastik konvensional karena sifatnya yang mudah terurai secara sempurna oleh mikroba yang ada di dalam tanah atau dalam air. Untuk plastik dari  singkong dipilih karena menurut Hanif peneliti dari LIPI tersebut memiliki kemiripan dengan struktur polimer. Namun perbedaanya plastik biasa tidak mudah terurai oleh mikroba seperti plastik dari singkong tersebut. Cara membuat plastik dari singkong juga dianggap juga cukup mudah dan tidak memakan banyak biaya.

Proses Pembuatan Plastik Singkong

Pada tahun 2016 penelitian plastik dari singkong oleh LIPI ini mulai dirintis sebagai sebuah inovasi baru. Pengembangan ini berawal membuat biji plastik yang didapat dari sari pati singkong. Pada saat itu pengembangan plastik terbilang membutuhkan waktu lama dan baru di bawah satu persen. Menurut Hanif, nabati memiliki kandungan yang dapat diolah menjadi bahan baku pembuatan biji plastik. Saat itu mereka mengawali permrosesan cara membuat plastik dari singkong dengan membuat singkong menjadi tepung. Setelah didapatkan tepung singkong bahan tersebut dicampurkan dengan gliserol sehingga akan menghasilkan komponen plastik yang kuat. Setelah itu dilanjutkan dengan proses ekstrusi menggunakan esktruder pada suhu 100 derajat hingga 160 derajat celcius. Lalu hasil dari ekstruksi biji plastik tersebut menghasilkan biji atau pellet.

Setelah didapat pellet tersebut inilah yang menjadi bahan baku utama cara membuat plastik dari singkong untuk dijadikan lembaran-lembaran plastik. Selanjutnya pellet ini dimasukan ke dalam sebuah mesin yang bernama mesin pelletizing. Mesin ini memiliki bagian seperti feeder untuk menampung pellet yang akan diproses menjadi kantong nabati. Kemudian dalam tahapan tersebut pellet dipanaskan dan ditiup dengan mesin yang menjadikannya sebagai produk hampir jadi plastik dari singkong. Terakhir pembuatan plastik dari singkong adalah molding menggunakan cetakan. Proses ini akan menghasilkan plastik sesuai kebutuhan konsumen dan akan dipasarkan. Biasanya plastik ini dibuat dalam berbagai kategori ketebalan dan ukuran tergantung pemesan. Plastik singkong banyak digunakan sebagai plastik belanja, makanan, dan lain-lain.

Serupa Plastik pada Umumnya

Meskipun cara membuat plastik dari singkong berbeda dengan plastik pada umumnya sudah menyeruapi plastik biasa. Namun masih ada beberapa kekurangan dari plastik ini seperti tidak tahan terhadap air. Ini dikarenakan bahan pembuatan plastik dari singkong yang alami membuatnya mudah terurai saat terkena air. Selain itu untuk harga plastik singkong sendiri masih tergolong cukup tinggi dibandingkan plastik pada umumnya. Meski demikian plastik singkong memiliki keunggulan seperti lebih ramah lingkungan. Ini juga mencegah dari penumpukan sampah plastik sekali pakai yang tiap tahun terus meningkaat. Gaya hidup sekali pakai mendorong kita untuk mulai beralih menggunakan bahan-bahan yang tidak mencemari lingkungan kedepannya. Dengan menggunakan plastik dari singkong Merk Urban Plastic kita juga mendorong inovasi agar kekurangan-kekurangan tersebut dapat diatasi kedepannya.

Perusahaan PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Selang Irigasi, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag, Welding Rod, biji plastik, terpal plastik, Geogrid dan Geomat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai plastik singkong merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna), atau: Email: info@urbanplastic.id .