Penggunaan geomembrane untuk kristalisasi garam merk urban plastic semakin populer di kalangan petani garam. Penggunaan geomembran pasalnya memiliki sejumlah keuntungan dibandingkan metode sebelumnya. Bicara soal garam, ada sejumlah daerah di Indonesia yang terkenal sebagai produsen garam terbesar, sebut saja daerah Cirebon, Sampang, Pati, Indramayu, hingga Surabaya. Proses pembuatan garam dilakukan dengan menampung air laut pada kolam geomembran yang kemudian mengalami penguapan saat terkena sinar matahari sehingga terbentuk kristal-kristal garam. Nantinya, kristal garam yang mengendap inilah yang akan dipanen dan digunakan di berbagai sektor. Pemanfaat geomembran pada tambak garam pasalnya punya banyak manfaat. Sebab itulah, tidak sedikit petani garam yang beralih menggunakan teknologi geomembran.

Sebenarnya geomembran terdiri dari beberapa jenis dengan ketebalan yang berbeda-beda. Tingkat ketebalannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan lahan yang akan dipasang geomembran. Geomembrane untuk kristalisasi garam merk urban plastic yang paling ideal adalah dengan ketebalan 0,5 mm. Pemilihan geomembran sebagai alas tambak dinilai mampu meningkatkan kuantitas sekaligus kualitas produksi garam, sehingga kebutuhan garam dalam negeri dapat tercukupi tanpa harus mengimpor dari luar negeri. Selain itu, kuantitas dan kualitas yang meningkat menjadikan garam lokal layak untuk diekspor ke luar negeri. Lantas, apa saja fungsi dari geomembran yang diaplikasikan pada tambak garam? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan lengkap tentang geomembran untuk tambak garam berikut ini.

Geomembrane untuk Kristalisasi Garam dapat Mencegah Pencemaran

Salah satu keunggulan dari geomembrane untuk kristalisasi garam merk urban plastic adalah mencegah tingkat pencemaran. Umumnya, geomembran yang dipakai pada tambak garam terbuat dari material High Density Polyethylene (HDP). Bahan ini punya kualitas yang bagus dan daya tahan yang tinggi. Selain itu, geomembran berbahan High Density Polyethylene dapat menahan tanah tambak agar tidak tercampur dengan air laut yang diolah menjadi garam untuk konsumsi maupun untuk sektor lainnya. Teknik pengolahan garam dengan lapisan geomembran ini dinilai efektif untuk mencegah pencemaran sehingga kualitas garamnya pun akan meningkat karena kualitas air pantai yang dibuat garam pun jauh lebih bersih. Tingginya kualitas garam tentu saja akan berpengaruh pada harga garam itu sendiri. Jika semakin bagus kualitasnya, maka harga garamnya pun lebih tinggi.

Geomembran untuk Kristalisasi Garam dapat Mempercepat Prosesnya

Keunggulan lain dari geomembrane untuk kristalisasi garam merk urban plastic adalah mempercepat prsoes kristalisasinya. Kristalisasi garam terjadi ketika air laut yang ditampung pada tambak mengalami penguapan akibat paparan sinar matahari. Air laut pada tambak akan menyusut dan tersisa kristalisasi garam. Biasanya, proses kristalisasi ini memakan waktu 2 hingga 3 hari penjemuran. Waktu kristalisasi bisa lebih lama jika curah hujan tinggi. Dengan menggunakan terpal geomembran, proses kristalisasi garam dapat berlangsung lebih cepat. Hal ini tentunya berdampak pada masa panen yang lebih cepat. Percepatan proses kristalisasi ini dikarenakan geomembran yang berwarna hitam mampu menyerap panas secara maksimal dan tidak memantulkannya kembali. Dengan begitu, cahaya yang terkumpul dapat menghasilkan panas internal pada area tambak garam dan air laut pun lebih cepat menyusut sehingga terjadi kristal garam dalam waktu yang lebih singkat.

Geomembran untuk Meningkatkan Produktivitas

Keunggulan terakhir dari geomembrane untuk kristalisasi garam merk urban plastic adalah meningkatkan produktivitas garam. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa proses kristalisasi yang lebih cepat membuat produktivitas pun kian meningkat. Semakin cepat masa panen garam, maka semakin banyak pula jumlah garam yang dapat dihasilkan oleh para petani garam.

PT.Kapuk Mas Agung Abadi adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane, Geobag. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Geomembrane merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna)  atau: Email: info@urbanplastic.id