Apron medis merk Urban Plastic merupakan salah satu bagian dari alat pelindung diri (APD) yang digunakan oleh petugas medis. Di masa sekarang saat pandemi Covid-19 tak kunjung mereda dan penambahan kasus baru hampir selalu ada, apron medis menjadi salah satu APD yang wajib dikenakan oleh petugas medis karena sifatnya yang mampu menghalangi atau melindungi penggunanya dari berbagai kotoran maupun zat berbahaya, salah satunya cairan dari pengidap Covid-19 yang dapat menularkan infeksi. Artinya, apron medis memiliki peranan yang sangat penting dalam melindungi tenaga medis dan petugas kesehatan dari infeksi Covid-19 yang sangat dekat dengan mereka karena petugas kesehatan memiliki risiko paparan yang tinggi.

Sebagai bagian dari APD, apron medis dapat terbuat dari bahan kain, plastik, maupun karet dengan ukuran tertentu. Fungsi dari APD ini adalah untuk melindungi tubuh bagian depan si pemakai dari kotoran akibat aktivitas medis, bisa berupa zat atau cairan tertentu.Apron medis adalah pasangan gaun medis yang fungsinya untuk melapisi bagian luar gaun. Bahan yang paling umum digunakan untuk membuat apron medis adalah bahan plastik yang tahan desinfektan. Selain gaun medis dan apron medis merk Urban Plastic, petugas kesehatan yang menangani Covid-19 juga wajib menggunakan kelengkapan APD yang lain seperti sarung tangan, penutup kepala, pelindung mata, pelindung wajah, masker, serta sepatu pelindung. 

Manfaat dan Cara Menggunakan Apron Medis Merk Urban Plastic

Seperti yang telah diulas sebelumnya, apron medis termasuk apron medis merk Urban Plastic digunakan untuk melindungi pemakainya dari zat atau cairan tertentu yangsifatnya berbahaya, misalnya zat-zat yang infeksius. Orang-orang yang bekerja dalam lingkup rumah sakit jelas memiliki risiko tertular atau terpapar infeksi yang lebih tinggi dibanding orang biasa yang hidupnya jauh dari rumah sakit. Oleh karena itu, petugas yang bekerja di rumah sakit biasanya wajib memakai APD, terutama petugas medis yang menangani kasus tertentu seperti pasien Covid-19. Dengan memakai APD lengkap, mereka dapat mencegah agar tidak tertular infeksi Covid-19 dari pasien sehingga kesehatan mereka sebagai tenaga medis lebih terjaga.

Dalam memakai apron medis merk Urban Plastic maupun komponen APD lainnya, ada pedoman atau prosedur yang harus diikuti agar keamanan pengguna APD lebih terjamin. APD termasuk apron diharuskan menutupi seluruh tubuh sampai tidak ada bagian tubuh yang terlihat. Apabila masih ada bagian tubuh yang terlihat, pengguna APD wajib menutupi bagian yang terlihat tersebut dengan menggunakan plester, misalnya di bagian yang terbuka di sepatu boot, pergelangan sarung tangan, serta tepi googles. Saat memakai APD, dibutuhkan seorang asisten untuk membantu memakaikan komponen APD tertentu serta seorang petugas terlatih untuk melakukan supervisi atau pengawasan prosedur penggunaan (donning) APD agar sesuai dengan protokol yang berlaku.

Prosedur donning APD lengkap termasuk apron medis merk Urban Plastic cukup rumit karena banyaknya komponen yang perlu dipakai. Sebelum mulai memakai APD, petugas harus melepaskan seluruh perhiasan yang melekat di tubuh, tak terkecuali jam tangan. Bagi petugas yang berkacamata, kacamata harus dilekatkan agar tidak jatuh, sementara petugas yang berambut panjang diharuskan untuk mengikat rambut. APD harus diinspeksi sebelum dipakai untuk memastikan bahwa kondisi APD masih baik dan ukurannya sesuai dengan tubuh petugas. Petugas wajib cuci tangan terlebih dahulu sebelum memakai APD. Jika sudah, baru mulai memakai APD dari boot, sarung tangan, baju pelindung, masker, hood, apron, sarung tangan luar, dan face shield.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Apron Medis merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone : +62811 1721 338 (Ratna) atau https://wa.me/628111721338, atau Email : urbanplastic.id@gmail.com