Cara Memasang Plastik Mulsa Pada Lahan Bedengan

by Dec 17, 2021Harga Plastik Mulsa0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Harga Plastik Mulsa
  4. /
  5. Cara Memasang Plastik Mulsa...

Untuk kamu yang memiliki dan senang bercocok tanam, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar mulsa. Mulsa plastik atau sering disebut juga mulsa plastik hitam perak. Apa itu mulsa? Mulsa merupakan plastik perak yang digunakan untuk melindungi bedengan dengan tujuan menjaga kelembaban dan menekan pertumbuhan gulma, hama, dan berbagai macam penyakit pada tanaman budidaya, mulsa juga sebenarnya tidak hanya berbentuk plastik saja, bisa dengan serpihan kayu, jerami namun secara umum masyarakat memakai mulsa dengan plastik.

Mulsa plastik banyak digunakan pada budidaya tanaman hortikultura seperti cabai, tomat, terong, seledri, kubis, sawi, okra, paprika dan lain sebagainya. Namun umumnya petani juga menggunakan mulsa plastik pada budidaya pepaya. Mulsa plastik juga memiliki warna yang berbeda yaitu hitam perak dan warna hitam dipasang dengan posisi dibawah dan warna perak dipasang dengan posisi bagian atas. Saat ini ada banyak sekali merk terbaik untuk jenis plastik mulsa. Akan tetapi, kamu bisa cari toko yang jual plastik mulsa terdekat merk Urban Plastic. Urban Plastic menyediakan plastik mulsa dengan bahan terbaik.

Nah adapun cara memasang plastik mulsa pada lahan bedengan antara lain yaitu :

1. Persiapkan Mulsa

Cara memasang plastik mulsa yang pertama kali tentunya kalian harus mempersiapkannya terlebih dahulu. Biasanya mulsa yang digunakan atau disedia berukuran 120 cm, untuk pemasangan lebar bedengan 100 cm dan bentangkan sesuai panjang bedengan.

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, plastik mulsa merk Urban Plastic dinilai sangat bagus. Kamu tinggal beli dari toko yang jual plastik mulsa terdekat merk Urban Plastic. Pasalnya, spesifikasi dari plastik mulsa Urban Plastic yaitu kualitas grade ORI, tahan cuaca panas, hingga bisa tahan digudang selama dua tahun lebih.

2. Potong Mulsa

Cara selanjutnya setelah mempersiapkan mulsa, kamu dapat memotong mulsa. Mulsa dipotong sesuai ukuran panjang dari bedengan, selanjutnya panjang tersebut dikurangi sepanjang 0,5 sampai 1 meter. Mengapa demikian? karena panjang mulsa akan memuai terkena panas dan tertarik pada saat pemasangan.

Akan tetapi, hal itu bisa diminimalisir jika kamu pakai Urban Plastic. Saat ini ada banyak sekali yang jual plastik mulsa terdekat merk Urban Plastic yang bisa kamu beli. Dijamin, lahan bedengan semakin baik.

3. Siapkan Pasak dari Bambu

Cara selanjutnya setelah mulsa dipotong, kamu dapat mempersiapkan pasak yang berasal dari bambu. Siapkan pasak yang berasal dari bambu sepanjang 140 cm atau lebih panjang dari lebar mulsa, pasak juga diusahakan yang lentur agar mudah menancapkannya pada tanah.

Jual plastik mulsa terdekat merk Urban Plastic sudah tersedia di toko-toko. Kamu tinggal membelinya untuk perawatan lahan bedengan

4. Gulung Mulsa Plastik pada Pasak

Cara selanjutnya kamu dapat menggulung mulsa plastik pada pasak. Cara menggulung mulsa jangan terlalu tebal, penggulungannya disesuaikan agar tidak copot saja pada saat pemasangan setelah itu digulung tancapkan pasak tadi kedalam tanah.

5. Siapkan Lubang Tanaman

Cara selanjutnya yaitu menyiapkan lubang tanah. Untuk pembuatan lubang tanam dilakukan pengukuran antara jarak tanam yang diinginkan dan lalu ditandai dengan menusukkan bambu. Selanjutnya usahakan tanda untuk lubang tanam lurus agar terlihat lebih rapi.

6. Buat Lubang Tanam

Untuk cara yang terakhir yaitu membuat lubang tanam. Bagaimana caranya? dengan cara memanaskan alat pelubang mulsa dengan arang, biasanya alat untuk melubangi bisa terbuat dari kaleng bekas susu atau juga dapat membuat lingkaran dengan ukuran diameter 10 sampai 15 meter.

Jangan lupa untuk beli plastik mulsa dari Urban Plastic. Ada banyak sekali toko yang Jual plastik Mulsa terdekat merk Urban Plastic.

Nah itu tadi 6 cara untuk memasang plastik mulsa pada lahan bedengan. Adapun  manfaat dan keuntungan yang kalian harus ketahui  dalam menggunakan plastik mulsa hitam perak pada budidaya tanaman seperti menghemat tenaga penyiangan, menjaga kelembaban tanah, meningkatkan produksi tanaman, mempercepat masa panen, mencegah hama tanaman, mencegah penyakit tanaman, mengurangi penguapan, mencegah erosi, dan mencegah kehilangan pupuk.

Wah ternyata luar biasa banyak sekali ya manfaat penggunaan plastik mulsa perak hitam. Untuk kalian yang memiliki hobi atau ingin mencari kesibukan kalian dapat mencoba bercocok tanam dengan tanaman yang mudah terlebih dahulu dan kalian juga dapat mencoba menggunakan mulsa plastik dengan cara pemasangan yang telah dipaparkan di atas. Kamu tinggal cari toko yang jual plastik mulsa terdekat merk Urban Plastic. Kualitas mulsa dari Urban Plastic sudah tidak diragukan lagi karena menggunakan bahan baku yang mempunyai nilai tinggi.

PT. Urban Plastik Indonesia adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plastik Mulsa merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna) atau https://wa.me/628111721338, atau: Email: info@urbanplastic.id